Aku Kembali


Bismillahirohmanirahim.. 

Sudah lama aku tidak menulis di blog ini.. berapa lama yah? Rasanya sudah sekian lama tidak bersua haha.. Sejak tahun 2018 lalu, memang aku sedang disibukkan dengan berbagai tugas perkuliahan. Dimulai dari kegiatan kuliah kerja profesi selama dua bulan (Kalau tidak salah sekitar bulan Maret dan April 2018), dilanjut dengan kegiatan Kuliah Kerja Nyata selama satu bulan pada bulan Juni akhir hingga Juli, Setelah itu dilanjut dengan tugas akhir undergraduate ku (Re: Skripsi) yang memakan waktu hingga enam bulan lamanya (Mahasiswi/a pertanian can relate betapa lamanya penelitian untuk mengisi bab 4 dan 5 :D). 

Ketiga kegiatan besar itu, benar-benar memakan banyak waktu dan energi di tahun 2018. Keseluruhannya juga mengukir cerita yang berkesan. Telat ya rasanya menceritakan hal ini di tahun 2019 :( huhu... karena devita baru ada waktu untuk menulis dan bercerita, gapapa lah ya?. Pada kesempatan kali ini aku akan bercerita ketiga kegiatan tersebut secara garis besar. Tujuan ku menulis ini, agar suatu saat ketika aku lupa, aku bisa membaca blog ini lagi :D tambahannya, mungkin bisa menginspirasi pembaca untuk selalu semangat :D

Dimulai dari kegiatan pertama yaitu Kuliah Kerja Profesi (KKP) atau mahasiwa/i biasa menyebutnya “Magang”. Kegiatan KKP ini aku laksanakan di semester enam. Aku memilih KKP di Balai Sertifikasi Benih dan Proteksi Tanaman D.I Yogyakarta milik Dinas Perkebunan dan Kehutanan (Tapi, kalau di tahun 2019 ini sudah dibawah Dinas Pertanian) tepatnya aku di Laboratorium Hayati. Disini, aku belajar dan praktek mengenai perbanyakan jamur hayati yang bermanfaat dibidang proteksi tanaman seperti Trichoderma harzianum dan  Beauveria bassiana. Kesan ku selama magang? Mengesankan! karena belajar banyak hal secara langsung yang sebelumnya pernah aku pelajari namun hanya sebatas teori saja. Selain itu, selama kegiatan magang ini aku laksanakan sembari kuliah loh :D jadi, sempet hectic dan sibuk banget karena keduanya berjalan dan aku harus bisa membagi waktu dengan baik. Alhamdulillah semuanya beres selama dua bulan lamanya ditambah pengerjaan laporan dan ujian mungkin memakan waktu satu bulan lamanya :) 

Kedua yaitu Kuliah Kerja Nyata. Alhamdulillah aku dapat lokasi qqn yang lumayan jauh dari Yogyakarta, yaitu di Dusun Gatran, Pakis, Magelang. Lokasi qqn ku ini terletak di dataran tinggi magelang sehingga suhu dan suasananya amat sangat dingin. QQN ini sungguh sangat berkesan buat aku. Sejujurnya ga bisa aku cerita semua yang berkesan karena akan butuh waktu yang lama tentunya. Jadi, ku ceritakan beberapa saja ya? Dimulai dari mandi satu kali dalam sehari karena airnya teramat dingin haha.. semua anggota qqn pun begini :D (jorok dan kedinginan beda tipis) selain itu, setiap hendak tidur aku selalu pakai sleeping bag dan kaos kaki, kadang aku tidur pakai jilbab saking gak kuat dinginnya :D hal berkesan lainnya yaitu di desa tempat qqn ku masih menjunjung tinggi gotong royong dan semua orang sangatlah baik dan ramah , love banget deh pokoknya!.

Ketiga, yang ini sungguh memakan waktu dan tenaga banget deh... undergraduate Thesis (Re: Skripsi). Tahun 2018 menjadi tahun yang melelahkan buat aku. Setelah disibukkan dengan qqn dan laporannya, aku dibuat berpikir keras untuk mencari judul skripsi. Bahkan, ketika liburan ied.adha aku buat sinopsis skiripsi loh :) Berkahnya, ketika ku ajukan ke dosbim pertama tidak menimbulkan kesulitan yang mendalam sehingga segala prosesnya dapat kulalui. Teringat untuk sampai praktek penelitian di lapangan, aku melaksanakan seminar proposal pada tanggal 7 November 2018. Kemudian diikuti dengan berbagai revisi dan persiapan penelitian yang memakan waktu hampir satu bulan lamanya.. penelitian pun dimulai diawal bulan Desember. Tentunya penelitian tidak semudah yang dibayangkan, banyak cobaan hidup di dalamnya yang penuh tenaga, keringat dan air mata (Ya ampun lebay banget sih..). Bukan hanya diriku, tentunya semua temen-temen pembaca yang sudah menyelesaikan pendidikannya di jenjang sarjana, tau banget kan rasanya seperti apa. Alhamdulillah aku melaksanakan sidang skripsi pada tanggal 7 Mei 2019 (enam bulan setelah seminar proposal). Thanks to Allah dan seluruh keluarga ku yang membantu, mendukung, dan memotivasi diriku selama penelitian. Legaaaa banget deh rasanya menyelesaikan tugas besar itu dengan tepat waktu :)
Begitulah, cerita ku yang panjang.... menceritakan kisah kesibukan ku di tahun 2018 hingga awal tahun 2019. Untuk semua mahasiswi/a tetap semangat menyelesaikan pendidikan. 

"Jangan ada alasan untuk menunda suatu pekerjaan yang telah kita pilih. Selesaikan setiap prosesnya dengan membawa Allah disetiap jalannya.. InshaAllah lacar hingga akhir"

Semangat semuanya... Sekian cerita ku kali ini, lain kali akan dilanjut cerita lain yang lebih ga penting wwkkwkw... eitsss maafin aku ya, kalau dalam post ini aku tidak jelas dalam menyampaikan dan topiknya sungguh tidak penting :D Bye.. Bye.. See you on next post.
 

Komentar