Bukan Sebuah Pencapaian Tertinggi Dalam Hidup Ku...

Manuasia memang tak pernah bisa bersyukur sepenuhnya..

Sebenarnya aku bingung, mulai menulis ini dari bagian apa...

Baiklah, kesempatan kali ini akan ku coba untuk memulai, meski sulit karena terperangkap dalam kemalasan yg sekian lama haha..

Note : Tulisan ini ku buat hanya sebagai pengingat untuk ku di lain waktu, karena ingatan ini tentunya tak dapat menyimpan memori yg ada selamanya..

-- Juli 2019 - My Support System. Orang tua ku datang ke Jogja, untuk menghadiri wisuda Sarjana ku. Di waktu luang, aku bersama Ibu ku berniat untuk mengujungi toko buku shopping yang terletak di dekat malioboro (Mahasiswa/i Jogja tentu tahu lokasinya) ya. Orang tua ku adalah salah satu support system terbaik dalam hidupku. Padahal ketika itu, pengumuman resmi terkait pelaksanaan CPNS 2019 belumlah ada sama sekali, tetapi Ibu ku sudah menyemangati ku untuk membeli buku latihan terkait test tersebut. Dengan tujuan  aku bisa mempelajarinya jauh-jauh hari, ketika aku pulang kembali ke Bogor nanti (Aku dan Org Tua ku tinggal di Bogor). Padalah saat itu, aku masih sangat betah di jogjadan berencana untuk tinggal menetap dan mencari pekerjaan di Jogja setelah lulus..

13 Juli 2019 - After my graduation. Aku masih di Jogja dengan kegalauan yang tak pernah terpikirkan sebelumya. Mencoba kesana-kemari melamar pekerjaan, test tertulis, wawancara hingga  mengikuti acara pagelaran lowongan pekerjaan sampai ke Solo (Jane ki, Jogja-Solo sebelahan). Tapi ya memang belum ada rejekinya. Sampai akhirnya, awal November aku mengambil keputusan untuk kembali ke Bogor dengan rencana refreshing dan mengumpulkan semangat kembali dengan bertemu orang tua. 

November 2019 - Pengumuman CPNS dibuka. Aku lupa sistematisnya seperti apa, aku mulai berselancar dengan laptop dan handphone jadul milikku. Ku buka satu persatu web BKD daerah baik di Jawa Tengah maupun di Jawa Barat. Dari awal pembukaan CPNS sebenarnya Ibu ku sudah berpesan untuk mengambil formasi daerah saja dan dekat dengan Kab Bogor. Sebagai bahan pertimbangan utama dalam benak-ku saat itu dekat orang tua dan kuota yang dibutuhkan banyak. Sampai akhirnya aku memilih salah satu Kab di Wilayah Jawa Barat (Untuk menuju wilayah ini hanya butuh 1-2 jam dari Kab Bogor).  Dengan pertimbangan yang matang dan berkonsultasi dengan orangtua akhirnya aku memilih formasi dan instansi tersebut. 

Desember 2019 - My First Job. Sebenarnya, Aku mulai Jengah dan bosan dengan tak melakukan apa-apa karena jobless. Terkadang diri ini merasa useless. Sampai akhirnya di akhir bulan November, aku diundang untuk mengikuti test tulis dan wawancara di salah satu perusahaan swasta di Jakarta Selatan. Alhamdulillah akhirnya aku lolos dan mulai bekerja di awal bulan Desember 2019. Hectic pekerjaan berjalan dan berlalu..

Februari 2020 - Test SKD Pertama ku. Setelah melewati seleksi administrasi dan dinyatakan sesuai. Pengumuman SKD akhirnya ke luar di bulan ini. Saat itu, aku sedang di kantor dan ku baca dengan seksama pengumuman yang ada. Ternyata, aku mendapatkan lokasi test di Bandung (Tepatnya di Telkom University). Duh rasanya kaget banget, di luar dugaan.. "Kenapa jauh banget ya" - Pikir ku saat itu.  Untuk test ini, aku izin pulang cepat jam 12:00 dan izin keesokan harinya. Saat itu, aku diantar oleh Mamah ku ke Bandung. Aku berangkat dari Bogor jam 14:00 dengan menggunakan bis dan sampai di Terminal Leuwipanjang sekitar pukul 18:30. Saat turun dari Bus, hujan mengguyur aku dan mamah ku.. rasanya hujan ini ingin menjadi saalh satu rangkaian kisah dari panjangnya perjuangan ku... 

Pelaksaaan Test - Sebenarnya aku test di sesi terakhir pukul 15:00. Tetapi, aku dan mamah datang lebih dahulu ke tempat test. Sepanjang perjalanan macet dan lokasi penuh sesak dengan banyaknya pengantar peserta test. Untungnya saat itu, aku diantar mama dan tidak sendirian. Mama akan menemani ku kemanapun, tapi saat test dan masuk ke aula, Mama menunggu di luar dengan menyemangati dan mendoakan ku.. Saat test akan di mulai dan aku masih dalam antrian masuk dan pengecekkan, hujan turun disertai dengan angin.. hujan begitu deras. Sampai aku teringat mama ku.. "Duh semoga mama berteduh di tempat yang aman pikir-ku"

Merinding rasanya, pengalaman pertama ku berada di aula besar dengan banyak badan di depan laptop untuk mengerjakan soal yang ada. Banyak manusia yg ingin megubah nasip dirinya dan keluarganya.. salah satunya aku.. meski saat itu, aku masih 22 tahun.. bagi ku semua sama dan punya kesempatan yang sama.

Pulang penuh drama - Aku baru selesai test pukul 17:00. Padahal, pertama aku sudah harus bekerja di Jakarta dan buS yang akan ku tumpangi terakhir berangkat pukul 18:00.  Saat itu juga, Mamah mencari tumapangan ojek yang bisa mengantarkan kita berdua sampai terminal dengan cepat. Padahal, jalanan pasti akan sangat macet seperti keberangkatan tadi.  Akhirnya, aku dan mama ku bertemu dengan dua tukang ojek yang baik sekali. mengantarkan aku dan mamah ku sampai terminal dengan selamat padahal di jalanan macet dan banjir.

Kalau diingat.. aku ingin mengucapkan banyak-banyak terimaksih pada kedua bapak itu...Semoga rejeki, kesehatan, dan kebahagiaan selalu berlimpah untuk Bapak ya.. Aaaamiin.

Sesampainya di rumah pukul 00:30 WIB. Keesokan harinya, aku harus berangkat pukul 05:00 ke kantor --- Bagaimanapun lelahnya, tanggung jawab tetap tanggungjawab dan perlu dilaksanakan dengan niat dan ikhlas.

September 2020 - Akibat pandemi yang berkelanjutan.. SKB diundur hingga bulan September (menunggu 7 bulan lamanya. Selama menunggu ini, aku sudah diterima di salah satu perusahaan swasta di Jakarta. Cukup menikmati bekerja di sana.. bekerja sambil belajar pikir ku.. Jadwal SKB ke luar pada hari Minggu.. (Ah leganya, ga perlu deh izin ke kantor). Jujur, aku hanya belajar selama 1 bulan (bahkanmungkin tidak sampai 1 bulan lamanya) sebelum SKB di mulai. Aku belajar dengan materi yang telah ku print, dari handphone,dan juga media sosial. Ku rasa ketika itu, semesta seperti mendukung ku.. Ketika itu kantor sedang WFH sehingga aku bisa mengatur waktu ku dengan baik untuk belajar dan bekerja. Sebelum tidur dan bangun tidur aku selalu sempatkan membaca dan berlatih soal.

Hingga waktu yang ditunggu-tunggupun tiba... Saat itu, aku ambil lokasi test terdekat di BKN Pusat Jakarta. Aku berangkat sendiri naik angkutan umum dan trasjakarta. Bodohnya aku, aku sampai-sampai ga tahu kalau jadwal test ku sebenarnya Pukul 11:30 WIB.. seingat ku pukul 13:00 WIB. Untunglah, aku berangkat lebih pagi dan aku sudah sampai di lokasi pukul 10:30 WIB

Tips ketika melaksanakan test adalah jangan lupa mengisi perut hingga kenyang dan minum air yang putih cukup. Tips itu, cukup ampuh untuk bisa fokus dan cermat saat mengerajakan soal CAT yang ada. Singkat cerita, pengumuman dibuka satu bulan setelah test SKB dilaksanakan. Aku lolos di pilihan ku..  Jujur ini bukanlah pencapaian tertinggi yang ingin aku raih. Pencapaian tertinggi ku adalah bermanfaat untuk oranglain, mencari amal jariyah sebanyak-banyaknya, dan membahagiakan orangtua. Mungkin ini jalan Allah untuk memberikan ku jalan membahagiakan orang tua dan bermanfaat untuk sesama.

Allah uji aku di sini.. apakah aku siap untuk mencapai segala pencapaian tertinggi tsb..

"Devita, jadilah abdi negara yang amanah, tulus, mengasihi, dan jujur.. Ingat bahwa Allah mempermudah rejeki untuk mu dan memberikan jalan yang mudah bagi mu agar kamu selalau bersyukur akan karunia-Nya. "

"Dari sebuah kebahagiaan yang diberikan, tentu ujian membersamai.. oleh karena itu, sertakan Allah dalam segala pencapaian mu"


Devita (15/03/2021)

Komentar